BOLU KUKUS

Posted by Catatan Dunia Kuliner on Monday 25 May 2015

Sahabat Catatan Dunia Kuliner pernahkah Anda membeli kue bolu? Ya, roti ini tidak asing lagi di negara kita. Bolu atau kue bolu (bhs Inggris : cake) yaitu kue memiliki bahan basic tepung (biasanya tepung terigu), gula, serta telur. Kue bolu serta cake biasanya dimatangkan lewat cara dipanggang didalam oven, meskipun ada juga bolu yang dikukus, umpamanya : bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan susunan (icing) dari cream mentega (buttercream), fondant, atau marzipan dimaksud kue tart (kue tarcis).

Berdasarkan sumber wikipedia.org, cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan dipakai untuk makanan penutup atau hidangan istimewa seperti resepsi pernikahan atau pesta. Cake memiliki ukuran besar dengan wujud persegi empat atau bundar dan dipotong-potong saat di jual atau di sajikan. Ada juga kue bolu yang digulung serta diisi cream mentega ayang sering disebut bolu gulung. Beragam jenis puding juga memakai bahan basic potongan kue bolu yang ditempatkan di basic loyang sebelum saat disiram dengan agar-agar.

Menurut teknik pembuatan, kue bolu (cake) digolongkan jadi dua kelompok:

Butter cake atau shortened (krim cake)
Pembuatan kue dimulai dengan mengocok mentega (margarin) dengan gula jadi adonan berupa cream. Cake tipe ini membutuhkan bahan pengembang berbentuk baking powder atau soda kue. Satu diantara misal butter cake paling simpel yaitu pound cake yang di buat dari mentega, gula pasir, serta tepung terigu dengan takaran masing-masing 1 pon. Resep pound cake zaman dahulu belum memakai bahan pengembang, serta cuma memercayakan mentega yang dikocok sampai lembut.

Sponge cake (foam cake)
Sistem pembuatan dimulai dengan mengocok telur serta gula sampai jadi busa yang halus serta kental. Mentega (margarin) cair atau minyak goreng kerap ditambahkan setelah adonan digabung dengan tepung.

Menurut tehnik pengocokan telur, sponge cake dibagi jadi :
Kue dengan putih serta kuning telur yang masing-masing dikocok dalam mangkok terpisah sehingga struktur kue yang dihasilkan jadi benar-benar lembut, umpamanya chiffon cake atau angel food cake.
Kuning serta putih telur dikocok berbarengan (Genoise).
Beberapa besar resep kue bolu serta cake memakai kuning serta putih telur yang dikocok berbarengan. 

BACA JUGA : RESEP DADAR GULUNG

Beberapa waktu yang lalu admin Catatan Dunia Kuliner ingin mengenang rasa kue bolu tersebut dengan membuatnya sendiri dalam bentuk bolu kukus, dan alhamdulillaah langsung sukses dan tidak bantat. Ingin tahu resep rahasianya? Mari kita simak resep berikut ini:

Bahan:

1/2 kg tepung terigu
1/2 kg gula pasir
5 butir telur
1sdm SP
1gelas besar air soda (1 botol air soda ukuran sedang)
pewarna makanan

Cara pembuatan:

1. Campurkan semua bahan kecuali pewarna secara satu per satu, mixer dengan kecepatan sedang hingga kalis kurang lebih 20 menit
2. Ambil sebagian kecil adonan, dan campur dengan pewarna untuk topping
3. Masukkan adonan ke cetakan yang telah diberi alas kertas roti, lalu tambahkan sedikit topping di atasnya
4. Kukus selama 30 menit, lalu hidangkan.


---SELAMAT MENCOBA---


0 comments:

Post a Comment

Advertisement

Popular Posts

.comment-content a {display: none;}