» SAYUR ASAM (SUNDA)

SAYUR ASAM (SUNDA)

Posted by Catatan Dunia Kuliner on Monday 25 May 2015

Mungkin sahabat Catatan Dunia Kuliner  tidak asing lagi dengan kata "sayur asam". Ya, makanan ini sudah sangat melegenda bahkan tiap daerah memiliki versinya masing-masing. Diambil dari sumber id.wikipedia.org , Sayur asam atau sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia. Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), sayur asam ikan asin, sayur asam Sunda, dan lain sebagainya.

Sejarah mengapa dinamakan sayur asam sampai saat ini belum jelas secara pasti, namun menurut cerita mulut ke mulut yang berkembang, pada zaman dahulu ketika masyarakat di Jawa mengalami kesusahan dan penuh keterbatasan, mereka mencoba membuat makanan dari sumber mana saja yang mereka dapat di sekitar ladang mereka, seperti kacang panjang, melinjo, jagung, dan lain sebagainya, kemudian mereka hanya membumbui masakan mereka dengan bahan utama asam dan cabai. Dikarenakan rasa yang dihasilkan adalah asam dan segar, mereka pada akhirnya menyebutnya dengan sebutan "Sayur Asam".

Bahan-bahan yang sering digunakan dalam sayur ini adalah kacang tanah, nangka muda, melinjo, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, dan asam jawa. Sering juga digunakan jagung dalam masakan ini. Rasa masakan yang manis dan asam ini sangatlah menyegarkan dan cocok jika dipadukan dengan lauk kering lainnya seperti ikan goreng dan lalapan. Sering juga masakan ini disajikan dengan sambal. Masakan ini masih menyerupai tom yam, yang merupakan masakan Thailand, walau sayur asam lebih menggunakan sayur-sayuran daripada makanan laut.Kali ini  Catatan Dunia Kuliner akan menyajikan resep Sayur Asam ala Sunda untuk Anda!


Bahan-bahan:

  • 2 buah jagung manis,-dipotong-potong bulat-bulat besar
  • 2 sendok makan kacang tanah
  • 75 gram kacang panjang,-dipotong-potong memanjang kuarng lebih 4 cm
  • 1 buah labu siam,-dikupas & potong seperti dadu
  • 2 sendok makan buah melinjo
  • daun melinjo 15 lembar atau secukupnya
  • 4 buah cabe ijo besar,-dipotong-potong kira-kira 2 cm
  • 3 cm lengkuas,-dimemarkan dulu
  • 2 lembar daun salam
  • 4 sendok makan air asem
  • 1,5 liter air 

Bumbu yang dihaluskan:

- 3 siung bawang putih
- 6 siung bawang merah
- 1 sendok teh terasi bakar
- 3 cabe merah
- garam secukupnya
- gula merah sisir, 1 sendok makan

Cara Pembuatan:

  1. Pertama-tama rebus air sampai mendidih, lalu masukan sayuran sayuran seperti : jagung, kacang tanah, melinjo dan rebuslah sampai lunak / matang.
  2. Lalu tambahkan bumbu yang telah dihaluskan kemudia masukkan juga daun salam & lengkuas, didihkan lagi.
  3. Setelah itu masukkanlah sisa sayurannya : kacang panjang, labu siam, daun melinjo & cabe ijo, hingga sampe matang.
  4. Lalu masukkan gula, air asam, garam & aduk-aduk hingga rata juga.  
  5. Sayur asam siap disajikan.



    -----SELAMAT MENCOBA------


0 comments:

Post a Comment

Advertisement

Popular Posts

.comment-content a {display: none;}