» NASI GORENG ORIGINAL

NASI GORENG ORIGINAL

Posted by Catatan Dunia Kuliner on Saturday 6 June 2015

Sahabat Catatan Dunia Kuliner, kali ini kita bahas mengenai NASI GORENG yuks ^^.... Siapa sih yang ga tahu nasi goreng? Sepertinya kalau Anda warga negara Indonesia dan tidak tahu ataupun belum pernah mencoba nasi goreng, itu sudah agak KETERLALUAN! Bapak Barack Obama saja sangat familiar dengan makanan ini, bahkan menjadikan nasi goreng sebagai salah satu makanan favoritnya ketika dahulu masih di Indonesia. Walaupun sudah sangat familiar dengan nasi goreng, tapi apakah Anda tahu sejarah nasi goreng? Ya, kuliner yang berupa nasi yang ditumis dan dicampur aneka bumbu ini ternyata memiliki sejarah panjang sahabat. Nasi goreng (Hanzi) adalah sebuah komponen penting dari masakan tradisional Tionghoa, menurut catatan sejarah nasi goreng sudah mulai ada sejak 4000 SM. Nasi goreng kemudian tersebar ke Asia Tenggara dibawa oleh perantau-perantau Tionghoa yang menetap di sana dan menciptakan nasi goreng khas lokal yang didasarkan atas perbedaan bumbu-bumbu dan cara menggoreng.  Nasi goreng sebenarnya muncul dari beberapa sifat dalam kebudayaan Tionghoa, yang tidak suka mencicipi makanan dingin dan juga membuang sisa makanan beberapa hari sebelumnya. Makanya, nasi yang dingin itu kemudian digoreng untuk dihidangkan kembali di meja makan.




Ada berbagai macam resep nasi goreng tapi unsur utamanya adalah nasi, minyak goreng, kecap manis. Selain itu banyak tambahan lain yang dapat dimasukkan, mulai dari sayuran, daging, sampai sambal, saos, kerupuk dan telur goreng. Nah, kali ini Catatan Dunia Kuliner akan memberikan resep nasi goreng original, simak ya !


Bahan-bahan:

Nasi putih (kurang lebih 2 takaran piring nasi)
Telur ayam 1 butir
Kecap manis secukupnya
Garam secukupnya
Merica bubuk (tambahkan bila suka)
Penyedap rasa (tambahkan bila suka)
Minyak goreng untuk menumis secukupnya

Bahan Pelengkap:

Daun bawang (iris halus)
Bawang goreng secukupnya
Kerupuk
Lauk (tahu, tempe, ayam, daging, seafood)

Bumbu yang dihaluskan:

Bawang merah 4 siung
Bawang putih 3 siung
Cabai rawit (sesuai selera)
Cabai merah (sesuai selera)


Cara pembuatan:1. Pertama-tama tumis bumbu yang dihaluskan dengan sedikit minyak goreng hingga harum.
2. Kemudian setelah itu masukkan telur dan daun bawang yang telah diiris-iris halus. bumbu. Aduk-aduk rata dengan bumbu hingga menyerupai orak-arik.
3. Masukkan nasi putih ke dalamnya, aduk hingga merata
4. Tambahkan garam, kecap manis, merica bubuk, dan sedikit penyedap rasa bila suka. 
5. Bila nasi sudah berwarna merah kecoklatan dan dirasa sudah cukup matang serta lezat, angkat dan tiriskan.
6. Sajikan nasi goreng ini dengan kerupuk, bawang goreng dan lauk. Nasi goreng original yang lezat sudah siap dihidangkan.


Nah, cukup mudah bukan membuat Nasi Goreng Original? kini saatnya Anda untuk mencobanya di rumah. Jangan lupa untuk selalu berlatih menerapkan resep-resep yang lainnya. Selamat mencoba!



0 comments:

Post a Comment

Advertisement

Popular Posts

.comment-content a {display: none;}